Benarkah Wabah Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Muncul? Inilah Beberapa Faktanya


Wabah Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Muncul

Beberapa hari terakhir nama bintang Tsurayya ramai dibicarakan sejumlah platform media sosial. Rekaman video seorang dai yang beredar di grup WhatsApp dan platform media sosial lainnya menyebutkan waktu berakhirnya wabah Corona.

"Banyak orang bertanya-tanya, kapan virus corona ini berakhir? Jawabannya disebutkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam musnadnya." Rasulullah SAW menjawab yang kemudian ustaz tersebut mengartikan hadis itu berikut, "Apabila suatu saat nanti muncul bintang, di suatu pagi, pada pagi hari, maka akan diangkatlah segala macam wabah."

Ustaz tersebut menafsirkan wabah dalam hadis itu dengan virus corona. Dia menukil dari Syekh Ahmad bin Abdurrahman al-Banna as-Sa'ati, pengarang kitab al-Fath ar-Rabbani, bahwa yang dimaksud dengan bintang dalam hadis ini adalah bintang ats-Tsurayya. 

Seorang ulama Pakar Hisab dan Rukyat KH Muhammad Thobary Syadzily menggunakan ilmu falak (astronomi) dan ilmu hikmat As-Sirrul Jalil untuk memperkirakan waktu berakhirnya wabah Corona.

“Insya Allah wabah virus Corona ini akan berakhir dan akan diangkat oleh Allah ketika muncul Bintang Tsurayya atau Bintang Kartika atau Bintang Tujuh Bersaudari. Yaitu, sekitar pertengahan bulan Juni 2020 waktu shubuh di Buruj Sarathan (سرطان) atau Cancer,” ungkap Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Banten tersebut dilansir dari website jatman.or.id, Selasa (14/4/2020).


Beberapa Fakta Bintang Tsurayya sebagai Tanda Berakhirnya Wabah Corona

Selama ini belum ada penelitian mengenai bintang Tsurayya. Sehingga kebenaran ini masih diragukan oleh banyak pihak. Sebab, di tengah suasana yang seperti ini banyak bermunculan teori dan juga pendapat. Fakta bintang Tsurayya ini kemudian bermunculan. Hal ini dikarenakan ada beberapa teori yang memberikan penjelasan mengenai bintang Tsurayya. Sehingga dari penjelasan tersebut mulai muncul fakta-fakta dari bintang Tsurayya tersebut.

Kebenaran mengenai bintang Tsurayya ini bisa dibilang cukup meyakinkan. Terlebih lagi dalam teori tersebut muncul beberapa fakta. Hal tersebut sudah pasti lebih meyakinkan banyak orang. Lalu apa saja fakta dari Tsurayya yang dikatakan sebagai akhir wabah Corona?


1. Kemunculan Bintang Tsurayya
Salah satu fakta dari bintang ini adalah kemunculannya. Jika didasarkan dari teorinya, kemunculan bintang Tsurayya tidak lama lagi. Menurut para ahli, bintang Tsurayya ini akan muncul di awal Juni atau akhir Mei.
Dalam teori kemunculan bintang Tsurayya disebutkan bahwa waktu munculnya adalah pagi. Namun disebutkan waktu fajar. Sehingga fakta bintang Tsurayya ini memang unik karena akan terlihat di waktu pagi. Fakta ini masih menurut teori. Sehingga kepastian akan kemunculannya belum diketahui. Sehingga masih akan ada penelitian terkait bintang Tsurayya dan Corona.


2. Disebutkan dengan Nama Najm
Fakta selanjutnya dari Tsurayya adalah memiliki banyak nama dari perspektif yang berbeda-beda. Fakta ini adalah sebagai Najm dalam sebuah hadits.
Berbeda dengan penyebutan di Indonesia yang lebih dikenal dengan Tujung Bintang Bersaudari. Tidak hanya itu saja, di beberapa negara pun juga memiliki nama lain untuk bintang Tsurayya.
Seperti di Persia yang lebih dikenal dengan Sorraya. Fakta bintang Tsurayya terkait nama ini juga diambil dari sebuah hadits yang menjelaskan mengenai kemunculannya.
Nama untuk sebutan bintang Tsurayya memang berbeda. Hal ini dikarenakan penyebutan di berbagai negara berbeda. Istilah untuk jenis bintang juga tidak sama.


3. Bintang Tsurayya juga Mengakhiri Musim Semi
Fakta Tsurayya selanjutnya yang tak kalah menarik adalah kemunculannya bersamaan dengan berakhirnya musim semi. Selain itu, waktu kemunculannya juga memberikan tanda bahwa musim panas segera tiba. Hal yang lebih penting adalah bahwa kemunculannya berkaitan dengan virus Corona. Berakhirnya virus Corona ini merupakan hal yang sangat diharapkan oleh banyak orang. Diperkirakan fakta bintang Tsurayya terkait waktu kemunculannya mulai dari tanggal 6 sampai 7 Juni.


Beberapa fakta diatas memang berkaitan dengan virus Corona. Para ahli juga meneliti kemungkinan dari kemunculan bintang Tsurayya. Sebab, ada beberapa teori dengan perspektif yang berbeda.

Dalam astronomi, tentu saja terdapat bintang namun dengan bahasa astronomi. Bintang juga merupakan benda langit yang bercahaya. Sehingga tidak ada relasinya dengan virus Corona.

Namun perspektif kali ini berbeda. Dari beberapa fakta bintang Tsurayya, bintang ini memang akan muncul. Kemudian menjadi salah satu pertanda bahwa wabah yang ada di Bumi akan segera berakhir. Selain itu, berakhirnya musim semi akan diganti dengan musim panas.

Wallahu'alam bishawab.



sumber : harapanrakyat.com

0 Response to "Benarkah Wabah Corona Berakhir saat Bintang Tsurayya Muncul? Inilah Beberapa Faktanya"

Post a Comment