Istimewanya Membaca Alquran di Bulan Ramadan


Istimewanya Membaca Alquran di Bulan Ramadan

Bagi umat muslim, dianjurkan untuk melakukan banyak ibadah di bulan Ramadan. Sebab bulan Ramadan merupakan waktu yang istimewa untuk melaksanakan sebanyak-banyaknya ibadah. 

Salah satu yang membuat bulan Ramadan menjadi bulan mulia karena Alquran turun di bulan tersebut. Dengan begitu bulan Ramadan juga disebut dengan bulannya Alquran. 

Merupakan bulan turunnya Alquran, memperbanyak membaca Alquran di bulan Ramadan tentunya sangatlah istimewa. Selain menjalankan ibadah-ibadah wajib lainnya, membaca Alquran bisa menjadi amalan terbaik yang dilakukan. 

Tak hanya itu saja, selain karena menjadi bulan turunnya Alquran, di bulan Ramadan segala bentuk ibadah baik wajib maupun sunnah akan mendapatkan pahala yang berkali lipat. Termasuk jika kita memperbanyak membaca Alquran di bulan penuh berkah ini. Pahala yang didapat pun akan berlipat, seperti yang disabdakan Rasulullah dalam hadist berikut ini:

“Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat.” Allah Swt. berfirman: “Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.” (HR. Muslim).

Bukan hanya itu saja, setiap huruf yang dibacakan juga memiliki pahala. Hal ini tertuang dalam satu hadist yakni:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Membaca Alquran juga merupakan satu wujud menegakkan bulan Ramadan. Sebagaimana ditulisan oleh Imam Al-Shan’any dalam kitabnya Subulus Salam: “Menegakkan bulan Ramadhan, yaitu menegakkan malam bulan Ramadhan dengan shalat atau membaca Al-Qur’an.” (Juz II, hlm: 173).

Wallahu'alam bishawab.



 oleh : Gigi 
sumber : Umma

0 Response to "Istimewanya Membaca Alquran di Bulan Ramadan"

Post a Comment