5 Tips Ini Akan Memudahkan Anda Mengkhatamkan Al-Quran di Satu Bulan Ramadan Ini


5 Tips Ini Akan Memudahkan Anda Mengkhatamkan Al-Quran

Sebenarnya, mengkhatamkan Al-Quran di bulan Ramadan tidaklah wajib. Namun, karena bulan Ramadan merupakan bulan penuh kebaikan dimana setiap ibadah yang dilakukan umat Islam semata-mata hanya untuk Allah SWT maka inshaAllah pahala yang diberikan pun akan dilipatgandakan.

Selain itu juga tidak ada salahnya jika kita mencoba mengubah kebiasaan untuk terbiasa mendengarkan dan membaca Al-Quran di bulan Ramadan. Sebab, waktu lenggang dan luang hanya ditemukan di bulan Ramadan. Bahkan, beberapa umat berlomba-lomba selama bulan Ramadan untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qurannya.

Dikutip dari wolipop.detik.com, Ustaz Adi Hidayat dalam Youtube Akhyar mengatakan bahwa sebaiknya kita mengkhatamkan Al-Quran sebanyak satu kali dalam satu bulan. "Nabi Muhammad setiap Ramadan minimal khatam satu kali," ungkap Ustad Adi dikutip dari video di akun Youtube Akhyar. Berikut tips yang bisa sahabat terapkan di rumah.


1. Baca 14 Ayat Al-Quran Sebelum dan Sesudah Shalat

Terdapat 30 juz dalam 1 Al-Quran, untuk itu kita perlu mengkhatamkan 1 juz Al-Quran dalam satu hari. Agar lebih mudah, sahabat umma bisa membagi bacaan menurut jumlah ayatnya. Misalnya, juz pertama terdiri dari 286 ayat (Surah Al-Fatihah dan Al-Baqarah), maka bisa dibagi ke dalam lima waktu shalat.

"Surah Al-Fatihah anggaplah sudah hapal di luar kepala. Kemudian 141 ayat Al-Baqarah dibagi menjadi ke dalam lima waktu shalat, yaitu 28 ayat setiap shalat," ungkap Ustad Adi Hidayat.


2. Baca Al-Quran 5 Menit Sebelum dan Sesudah Shalat

Jika tidak punya waktu yang banyak, investasikan setidaknya lima menit sebelum dan lima menit sesudah shalat fardhu. Merunut dari poin sebelumnya, membaca 14 ayat Al-Quran diperkirakan membutuhkan tidak lebih dari lima menit saja.

Ustaz Adi menganjurkan untuk menginvestasikan waktu 5-10 menit saja membaca Al-Quran di setiap shalat agar bisa khatam Al-Quran. "Apa Anda tidak punya waktu 5 menit untuk akhirat?" tanya ustad Adi.


3. Baca Al-Quran di Berbagai Tempat

Agar bisa khatam Al-Quran, membaca Al-Quran tidak harus selalu di musala atau masjid.
"Kalau mau berangkat, berangkat aja. Apa nggak bisa di mobil sambil tilawah? Apa nggak bisa di MRT sambil tilawah?" tutur Ustad Adi pada salah satu ceramahnya.


4. Gunakan Aplikasi Al-Quran

Kecanggihan teknologi juga bisa kita manfaatkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satunya adalah aplikasi Al-Quran yang bisa kita gunakan untuk membaca Al-Quran dimana saja.


5. Ingat untuk Bulatkan Niat dan Tekad

Mengkhatamkan Al-Quran membutuhkan konsisten dan niat yang kuat. Beragam trik akan percuma, jika tidak ada kesungguhan dari dalam diri. Untuk itu, pastikan kita memiliki keinginan yang kuat untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Dan gambar skema di bawah ini juga dapat membantu anda khatam Al Qur-an berkali-kali dalam bulan Ramadhan ini:




sumber : Umma
gambar 1 : NU Online
gambar 2 : @islammedia

0 Response to "5 Tips Ini Akan Memudahkan Anda Mengkhatamkan Al-Quran di Satu Bulan Ramadan Ini"

Post a Comment