Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Jadikan Kesempatan Untuk Meminta Wabah Corona Berlalu


Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Jadikan Kesempatan Untuk Meminta Wabah Corona Berlalu

Sahabat, malam ini kita akan memasuki Nisfu Syaban (malam 15 Sya'ban 1441 Hijriyah). Begitu besar keuatamaan malam ini hingga umat Islam menantinya. Bagi yang mengetahui keutamaan malam Nisfu Syaban maka ia pasti tidak mau membiarkannya berlalu begitu saja tanpa diisi dengan amalan. Karena ini merupakan waktu istimewa untuk memohon ampun karena Allah SWT akan memaafkan semua dosa.

Apalagi di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19 seperti ini, kita tentu mengharapkan Allah akan mengangkat bala dan musibah yang saat ini terjadi. Karena itu kita harus menghidupkan malam itu dengan beribadah, munajat, salat malam, berzikir, berdoa dan bersedekah.

Syaban adalah bulan mulia yang diistimewakan Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam (SAW). Baginda nabi memperbanyak puasa sunnah pada bulan ini seolah-olah beliau puasa sebulan penuh karena seringnya berpuasa.

Nisfu Syaban menjadi pengingat tak lama lagi bulan suci Ramadan akan tiba. Malam Nishfu Syaban juga dikenal dengan istilah Lailatul Baro'ah yang berarti malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.

Diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaki dalam As-Sunan Al-Kubro bahwa Imam Asy Syafi'i radhiallahu 'anhu berkata, "Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan oleh Allah Ta'ala pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nishfu Sya'ban." Umar Ibnu 'Aziz juga pernah menuliskan surat kepada wakil atau gubernurnya di Basrah: "Hendaknya engkau memperhatikan 4 malam dalam 1 tahun, karena sesungguhnya Allah memcurahkan rahmat-Nya yang sangat besar pada 4 malam tersebut, yaitu malam pertama pada bulan Rajab, malam Nisfu Sya'ban, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha".

Di antara hadis sahih diriwayatkan Imam At-Tabrani, sebagaimana diriwayatkan dan disahihkan Imam Ibnu Hibban dari Muadz bin Jabbal radhiallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW bersabda:

يطلع الله إلى جميع خلقه ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

"Allah Ta'ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya'ban. Dan Allah Ta'ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain."

Kemuliaan malam Nisfu Syaban juga diriwayatkan Al-Bazar dan Imam Baihaki dari Sayyidina Abu Bakar bahwa Rasulullah SAW bersabda:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

"Allah Ta'ala turun ke langit dunia ini dengan menurunkan rahmat-Nya pada malam Nishfu Syaban, sehingga Allah mengampuni segala sesuatu kecuali orang yang musyrik dan orang yang di dalam hatinya terdapat kedengkian".

Wallahu'alam bishawab.


oleh : Tya Eka
sumber : Umma

0 Response to "Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Jadikan Kesempatan Untuk Meminta Wabah Corona Berlalu"

Post a Comment