Inilah Doa Agar Disegerakan Naik Haji


Doa Agar Disegerakan Naik Haji

Sahabat, setiap kaum muslimin pasti berharap bisa menunaikan rukun Islam kelima, yakni pergi haji. Selain dapat memenuhi syarat haji, orang-orang yang pergi haji biasanya dilayakkan oleh Allah SWT untuk melangkah di Rumah-Nya. 

Ada beberapa cara gara Allah menyegerakan kita ke Tanah Suci. Salah satunya dengan berdoa. Semoga kita dapat disegerakan bermalam di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah, wukuf di padang Arafah di 9 Dzulhijjah, serta melempar jumroh di 10 Dzulhijjah. Yang demikian berdasarkan rujukan pada QS Ali Imran ayat 97:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. 

Kutipan ayat di atas menjelaskan bahwa haji adalah kewajiban setiap Muslim yang mampu. Namun bukan berarti kemampuan itu akan hadir dengan sendirinya. Perlu ikhtiar dan persiapan yang  matang bagi siapa saja yang mengidamkan ibadah haji. Ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan biaya besar serta membutuhkan fisik yang kuat. Fisik yang kuat ini tidak hanya dibutuhkan saat pelaksanaan ibadah haji namun, saat mengikhtiarkannya juga.

Mungkin sebagian mereka yang berpenghasilan pas-pasan atau tidak memungkinkan untuk berangkat haji bisa pergi ke Baitullah dengan usahanya sendiri. Salah satunya dengan bukti kerja keras yang didorong dengan doa. Sebaliknya, ada juga  orang yang penghasilannya berkecukupan, tapi masih belum menunaikan ibadah haji. Di sinilah kita bisa melihat bahwa ibadah haji memang butuh niat dan usaha untuk mencapainya.

Untuk mereka yang sedang berjuang demi keinginannya untuk menunaikan ibadah haji, Al Qur’an menyiapkan doa yang bisa membantu mereka agar terealisasi menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim - Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Wallahu'alam bishawab.


oleh : Meniti Iman
sumber : Umma

0 Response to "Inilah Doa Agar Disegerakan Naik Haji"

Post a Comment