Ini Dia Sosok Lelaki Yang Kelak Ditunggu Para Bidadari Surga


Lelaki Yang Kelak Ditunggu Para Bidadari Surga

Setiap kita tentu bercita-cita mendapatkan tempat yang terindah setelah kita meninggal dunia, yaitu mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, surganya Allah SWT. Sebaliknya kita tentu tidak ingin mendapat tempat di neraka sebagai ganjaran perbuatan buruk yang kita lakukan selama hidup di dunia, Naudzubillah.

Di surga berbagai keindahan dijabarkan dalam Alquran dalam surat Asshaaffaat. Salah satunya adalah bidadari yang diperuntukkan bagi laki-laki.

“Disisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya, seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik.” (QS:Ash Shaaffaat, 49)

Jika kita mendambakan bidadari surga, lantas siapa lelaki calon penghuni surga yang didambakan para bidadari? Berikut kisahnya.

Qatadah menceritakan bahwa pada perang Uhud, Rasulullah SAW. berkata;

“Hanzhalah akan dimandikan oleh malaikat. ”Maka para sahabat bertanya kepada keluarga Hanzhalah, “Apa yang terjadi dengannya?” Qatadah juga bertanya kepada istri Hanzhalah, lalu ia menjawab, “Ketika terdengar seruan perang Uhud, Hanzhalah segera pergi untuk berjihad padahal sedang berhadas besar.” Rasulullah SAW. berkata, “Karena itulah ia akan dimandikan malaikat.” (HR Ibnu Ishaq dari Ashim bin `Umar bin Qatadah)

Seperti diceritakan dalam beberapa hadis, Hanzalah adalah salah satu sahabat Rasulullah yang menikahi Jamilah binti Abdullah bin Ubay bin Salul, anak sahabat bapaknya. Keduanya adalah sepasang suami istri yang tidak tuntas menyelesaikan malam pertama pernikahan karena panggilan jihad dalam perang Uhud. Saat melawan Abi Sofyan dalam perang tersebut, Hanzhalah tidak lagi menolak seruan Rasulullah untuk menegakkan agama Allah. Bahkan Hanzhalah tidak sempat mandi junub.

Dalam kisah lain, Urwah bercerita;

“Aku benar-benar melihat malaikat sedang memandikan Hanzhalah di antara langit dan bumi dengan air dari awan dalam sebuah tempat besar terbuat dari perak.” Abu Asid al-Sa`idi lalu berkata, “Kami pergi melihat Hamzah, kepalanya meneteskan air.” (Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dan Ibnu Sa’ad dari Hisyam bin Urwah)

Rasulullah SAW juga berkata. “Ketahuilah oleh kalian. Bahwasannya jenazah Hanzhalah telah dimandikan oleh para malaikat. Bayang-bayang putih itu adalah istri-istrinya dari kalangan bidadari yang datang menjemputnya.”


sumber : arah.com

0 Response to "Ini Dia Sosok Lelaki Yang Kelak Ditunggu Para Bidadari Surga"

Post a Comment