Ingin Cepat Sembuh Dari Penyakit? Berobatlah dengan Sedekah


Sedekah, Amalan Do'a,

Sahabat, sedekah adalah sebuah pemberian yang diharapkan ganjarannya dari Allah. Dengan bersedekah, kita telah menyisihkan sebagian rezeki kepada yang sedang membutuhkan.

Menurut Hasan bin Ahmad bin Hassan Hammam dalam bukunya yang berjudul 'Keajaiban Sedekah dan Istighfar', berbagai manfaat akan mendatangi sang dermawan jika rajin bersedekah. Salah satunya menyehatkan tubuh.

"Sedekah itu menghilangkan penyakit setelah terjangkiti, dan akan mencegah sebelum terjangkiti. Para ulama fikih dan para dokter berkata, 'Tindakan pencegahan lebih mudah daripada pengobatan, maka mencegah sesuatu sebelum terjadi sangat lebih mudah daripada menghilangkannya setelah terjadi," ujar Hasan dalam bukunya.

Hasan mengatakan, obat yang mampu menghilangkan penyakit adalah obat yang dijadikan Allah mampu mencegah terjadinya penyakit. "Dan sedekah itu mencegah penyakit sebagaimana juga menghilangkan penyakit dengan izin Allah," tandasnya.

Dari titik acuan itu, kata Hasan, seharusnya seorang mukmin tidak bermualah kepada Allah dalam bentuk coba-coba. Menurutnya, seorang mukmin harus bermuamalah kepada Tuhannya dengan keyakinan kuat, kepercayaan yang benar, tawakal yang sahih, dan berbaik sangka kepada Allah.

Dari al-Aswad bin Yazid dari Abdullah berkata, Rasulullah SAW bersabda:

"Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah, bentengilah harta kalian dengan zakat, dan siapkanlah doa untuk menghadapi musibah."


oleh : Rifki Aufal
sumber : Umma

0 Response to "Ingin Cepat Sembuh Dari Penyakit? Berobatlah dengan Sedekah"

Post a Comment