Ingin Mendapatkan Pahala Yang Terus Mengalir Meskipun Saat Tertidur? Amalkan Doa Ini


Amalan Do'a, Amalan Sunnah, Berita Islami,

Sebagai seorang muslim, kita terikat dengan sebuah ajaran yang memuliakan. Ya, ajaran Islam merupakan ajaran yang memuliakan, juga rahmat bagi seluruh alam. Bagaimana tidak, bukan hanya perkara besar saja yang di atur, sampai dengan perkara kecil semisal adab ketika di kamar mandi atau akan tidur saja, Islam mengaturnya dengan apik.

Terkait adab ketika akan tidur, saking mulianya ajaran Islam, sampai kita sedang terlelap pun kita masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pahala kebaikan. Seperrti tidak masuk di akal, tetapi, penting untuk diketahui, bahkan ketika kita sudah meninggal pun, ada satu amalan yang akan tetap mengalir pahalanya kepadanya kita, adalah sedekah jariyah.

Maka, ketika kita tahu bahwa dalam kondisi tidur pun kesempatan mendapat pahala masih ada, tinggal kita mencari ilmunya tentang bagaimana cara mendapatkannya. Berikut ini penjelasan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal mengenai adab tidur yang sesuai dengan petunjuk Nabi.

Dari Al-Bara’ bin ‘Aazib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan tidur, beliau berbaring pada sisi kanan, lalu membaca doa:

Allahumma aslamtu nafsii ilaik, wa fawwadh-tu amrii ilaik, wa wajjahtu wajhiya ilaik, wa alja’tu zhohrii ilaik, rogh-batan wa rohbatan ilaik, laa malja-a wa laa manjaa minka illa ilaik. Aamantu bikitaabikalladzi anzalta wa bi nabiyyikalladzi arsalta.

[Artinya: “Ya Allah, aku menyerahkan diriku kepadaMu, aku menyerahkan urusanku kepadaMu, aku menghadapkan wajahku kepadaMu, aku menyandarkan punggungku kepadaMu, karena senang (mendapatkan rahmatMu) dan takut pada (siksaanMu, bila melakukan kesalahan). Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari (ancaman)Mu, kecuali kepadaMu. Aku beriman pada kitab yang telah Engkau turunkan, dan (kebenaran) NabiMu yang telah Engkau utus.” Apabila Engkau meninggal dunia (di waktu tidur), maka kamu akan meninggal dunia dengan memegang fitrah (agama Islam)].” (HR. Bukhari, no. 6313; Muslim, no. 2710)

Wallahu'alam bishawab.


oleh      : Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
sumber : cdn.muslimummah.co

0 Response to "Ingin Mendapatkan Pahala Yang Terus Mengalir Meskipun Saat Tertidur? Amalkan Doa Ini"

Post a Comment