Mendekatkan Diri Kepada Allah itu Semakin Gelap, Semakin Terang


inspirasi, Amalan Do'a, Hikmah Islami, Hidayah

Allah itu pemberi cahaya untuk masalah Anda, jalan untuk keinginan Anda.. diluar sana banyak orang yang baru keinginan sesuatu langsung dapet atau punya masalah sebegitu cepatnya bisa keluar. Seakan hidupnya selalu dieberikan cahaya.. jalannya diterangin sama Allah jadi dengan mudahnya dia bisa keluar atau dapet keinginannya…

QS : An Nuur 35

“Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar…..”

Tapi, Kenapa kita diberi masalah? Kenapa seakan semua jalan gelap? Kenapa seakan dateline makin mengancam? Hutang banyak, pekerjaan ga ada, semua memfitnah Anda, dll. Dan Anda merasa semua pintu tertutup, semua mendesak, semua gelap.. Seakan hidup Anda dibikin gelap, Bisa jadi Allah tarik cahayaNya dari hidup kita..

Kenapa ya Allah?

Satu jawabannya.. Karena Allah sayang dengan Anda.

Lho kok?! Sayang ko digelapin?!

Kalau saya saat ini disamping Anda, saya akan tepuk pundak Anda sambil senyum dan bilang  “Allah terlalu cinta dengan Anda sobat..”

Allah kasih tau tuh.. Lewat Al Qur’an-Nya.. Apa yg dikasih tau?

QS : An Nuur 37

“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang”

Allah kasih tau bahwa kita udah ‘keracunan dunia’. Keracunan hawa keduniaan.. Keracunan perdagangan, keracunan rutinitas keracunan masalah atau keinginan. Sehingga hidup membosankan atau sebaliknya keracunan keinginan hawa nafsu sampai menghalalkan segala cara…

Celakanya karna keracunan itu kita jadi lupa hidup mau kemana.. Seakan masih lamaaaaa bingits. Lupa kita pulang ke kampung akhirat.. Walhasil pulangnya salah belok ke neraka..  masyallah..

Tanda-tanda keracunan adalah.. hidupnya membosankan, hampa, ga tau mau kemana, dll. Layaknya zombie.. hidup sekedar hidup tanpa visi hidup yang jelas. Anda udah ga bisa lagi nikmatin hidup…

Sehingga kita terlalaikan dengan 3 hal penting.. Dzikrullah, Sholat, dan Zakat..

Lalai dari mengingat Allah.. yang sering diinget masalah mulu… atau keinginan mulu yang belum tentu dicapai..

Mas saya sholat kok! Oke.. Jujur deh klo lagi ada masalah atau keinginan sholatnya gimana? kebanyak kita fisik sholat tapi pikiran sibuk cari solusi. Ini juga terlalaikan…

Beneran.. kita terlalikan lho bahkan dengan hal ikhwal hidup sendiri! Ga percaya?!

Yuk test..

Sekarang coba jewer kuping kanan Anda.. tarik yang kenceng! jgn baca dlu deh… tarik! buruan..

Sudah? apa yang dirasa? Sakit? hihihi..

nah, pertanyaan saya,,..

“Sekarang jadi ngerasa punya kuping ga hehehe? Ngerasa kan?! Semenit yang lalu Anda ngerasa ga kuping Anda nempel?.. dijamin enggak hihihi”

Itulah kita nikmat punya kuping ga bisa kita nikmatin. Itu tanda-tanda keracunan boss… udah ga bisa nikmatin hidup. Hidup melulu tentang masalah… atau keinginan-keinginan.. Jeda sejenak untuk bersyukur ya..

Allah terlalu cinta sama Anda.. Maka dibuatlah semua gelap, semua sulit, semua menekan.. Untuk apa? Agar Anda ‘nyerah’ ke Allah.. Agar Anda back to Allah.. Allah kangen Anda, balik kawan..


QS : Al Fajr 28

“Wahai jiwa yang tenang,.Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. ”

Balik Sob, Balik.. Kembalilah wahai jiwa yg tenang (nyerah ke Allah). Allah kangen Anda.
DibuatNya semua gelap agar Anda bener-bener dapat melihat dengan jelas cahayaNya.

Bulan bisa keliatan terang klo malem kan?
Lilin bisa terlihat terang karena gelap kan?
Bintang bisa kelihatan benderang karena gelapnya malam kan?

Klo terlalu banyak cahaya semu dunia (harapan palsu ) maka sulit bagi Anda melihat cahaya Allah.. Kondisi enak terus, nyaman terus,… hati kita kebas inget sama Allah.. Doa ga ada rasanya..
Klo lagi ada masalah doanya gmna? Khusyu banget yakin.

Allah terlalu cinta dengan Anda kawan..

Selama masalah masih ada (gelap) berarti Allah mau nunjukin diriNya (CahayaNya). Semakin gelap masalah kita tandanya Allah pengen makin kenalan sama Anda.. biar cuma cahayaNya aja yang kelihatan.

Mudah bagi Allah bikin hidup Anda terang dalam sesaat. Maka jangan buru-buru cari solusi masalah.. Nanti ga ketemu-ketemu. Cari Allah dulu.. Temuin Allah dulu.. Ngobrol sama Allah dulu. Keluarlah dari kegelapan masalah dengan ngegandeng Allah!

Jangan sampe karena rengekan kita yang bodoh ini.. Ga bisa baca maunya Allah apa.. Jadi minta diterangin masalahnya cepet-cepet. Seakan kita ngomong sama Allah..

“Saya ga mau kenalan sama Engkau ya Allah… buruan terangin!!”

Walhasil bisa jadi sama Allah diterangin hidup kita.. tapi juga lewat moment kita untuk ketemu Allah didalam kegelapan masalah kita. Na’udzubillah….

Nabi Ibrahim ketemu Allah didalam api kawan..
Nabi Nuh ketemu Allah didalam bencana banjir besar kawan..
Nabi Yunus ketemu Allah didalam perut ikan, gelapnya laut dan gelapnya malam kawan..
Seharusnya semakin gelap hidup (masalah) kita.. seharusnya kita dapat melihat CahayaNya semakin terang dalam kegelapan itu.. So, Anda?? Mau mesra-mesraan sama Allah dalam kegelapan atau berontak dalam kegelapan?

Jika dalam kegelapan saja kita tidak dapat melihat cahayaNya, maka apalah lagi ketika Anda berada di terang benderang dunia?


sumber : Kajian PPA

0 Response to "Mendekatkan Diri Kepada Allah itu Semakin Gelap, Semakin Terang"

Post a Comment