Inilah 5 Keutamaan Bagi Anda Yang Selalu Shalat Tepat Waktu

Keutamaan Bagi Anda Yang Selalu Shalat Tepat Waktu

Ketika kita mendengar suara adzan berkumandang, sebenarnya kita dipanggil oleh Allah untuk segera mendekat dan berdialog denganNYA. Sahabat, tahukan anda bahwa terdapat 3 hal yang harus disegerakan dalam urusannya, tiga hal tersebut adalah :

1. Menyegerakan shalat,
2. Menikahkan anak gadis di waktunya, dan
3. Mengurus jenazah.

Menyegerakan shalat adalah merupakan satu hal yang terlihat sepele namun sering kali banyak diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal menyegerakan shalat di awal waktu memiliki banyak keutamaannya. Ketika kita menyegerakan shalat, berarti di waktu itulah seorang hamba bergegas mendekati panggilan dari Rabb-nya.

Inilah 5 keutamaan yang akan didapatkan oleh mereka yang senantiasa menyegerakan shalat tepat waktu setiap saatnya.

1. Shalat tepat waktu dicintai Allah melebihi berbakti pada orangtua dan berjihad
Shalat awal waktu dicintai Allah, karena saat seorang hamba bergegas melakukan shalat di awal waktu, maka itu adalah salah satu ciri yang membuktikan kecitaannya pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 
“Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah.”
(HR Bukhari & Muslim).

2. Surga adalah balasannya
Dan balasan yang telah Allah janjikan bagi seorang hamba yang senantiasa menyegerakan shalatnya di awal waktu adalah surga. Kebahagiaan dan keindahan abadi itu telah Allah persiapkan bagi hamba yang senantiasa berlari ke arah-Nya.
Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Qatadah bin Rib’iy mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Allah Ta’ala berfirman:
”Sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu shalat lima waktu, dan Aku berjanji bahwa barangsiapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan barangsiapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapatkan apa yang Aku janjikan”.

3. Diampuninya dosa
Orang yang shalat tepat waktu berarti telah memprioritaskan Allah dan mengikhlaskan dirinya menghadap Allah di waktu terbaik, oleh sebab itu orang yang menghadap Allah dengan ikhlas seperti ini akan digugurkan dosa-dosanya sebagaimana gugurnya dedaunan dari pohonnya.
“Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya”
(HR. Ahmad).

4. Pahala kebaikan yang amat besar
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah ﷺ pernah bersabda, “Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi. Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, niscaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya. Dan seandainya mereka mengetahui pahala shalat Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan jalan merangkak.”
(HR. Bukhari).

5. Memperoleh sembilan macam kemuliaan
Utsman bin ‘Affan RA berkata: “Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan 9 macam kemuliaan, yaitu :
1. Dicintai Allah,
2. Badannya selalu sehat,
3. Keberadaannya selalu dijaga malaikat,
4. Rumahnya diberkahi,
5  Wajahnya menampakkan jati diri orang shalih,
6. Hatinya dilunakkan oleh Allah.
7. Dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat,
8. Dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan
9. Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.