Beginilah Ekspresi Orang Tua Di Alam Kubur Ketika Diziarahi Atau Dido'akan Anaknya


Ekspresi Orang Tua Di Alam Kubur Ketika Diziarahi Atau Dido'akan Anaknya

Rasulullah SAW bersabda; "Apabila anak Adam itu meninggal maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim)

Sahabat, tahukah anda apa yang terjadi kepada orang tua kita ketika anda berziarah ke makam mereka atau ketika anda mendo'akan mereka?

Syaikh Muhammad al-Syanqithi berkata, "semoga Allah mengampunikeluarga kita yang telah meninggal dunia dan kaum Musliminyang telah meninggal dunia. Aku tidak mampu menahan tangis melihat betapa perlunya ahli kubur kepada do'a kita. Aku terkesan dan aku ingin semuanya mengetahui akan hal ini".

Usman bin Sawad, ulama Slaf, bercerita tentang ibunya, seoarng wanita ahli ibadah. Ketika ibunya akan meninggal dunia, ia mengangkat pandangannya ke langit dan berkata, "wahai taunganku, wahai simpananku, wahai Tuhan yang selalu menjadi sandaranku alam hidupku dan setelah kematianku, jangan engkau abaikan diriku ketika mati, jangan biarkan aku kesepian dalam kuburku". Kemudian ia meninggal dunia.

Aku selalu berziarah ke makamnya setiap hari Jum'at. Aku berdo'a untuknya, dan memohon ampun baginya dan semua ahli kubur disitu.

Pada suatu malam aku bermimpi berjumpa dengan ibuku. Aku berkata, "Wahai ibuku, bagaimana keadaanmu?"

Ia menjawab, "Wahai anakku, sesungguhnya kematian itu adalah kesusahan yang dahsyat. Aku alhamdulillah ada di alam barzakh yang terpuji. Ranjangnya harum, dan bantalny aterdiri dari tenunan kain sutera".

Aku berkata, "Apakah ibu ada keperluan kepadaku?"

Ia menjawab, "Iya. Jangan kamu tinggalkan ziarah yang kamu lakukan kepada kami. Sungguh aku sangat senang dengan kedatanganmu pada hari Jum'at ketika berangkat dari keluargamu. Orang-orang akan berkata kepadaku: "ini anakmu sudah datang." Lalu aku merasa senang, dan oran-orang mati yang ada di sekitarku juga senang".

Basysyar bin Ghalib, Ulama Salaf pula berkata, "Aku bermimpi Robiah al-Adawiyah dalam tidurku. Aku memang selalu mendo'akannya. Dalam mimpi itu ia berkata kepadaku: "Wahai Basysyir, hadiah-hadiahmu selalu sampai kepada kami di atas piring dari cahaya, ditutupi dengan sapu tangan sutera".

Aku berkata, "Bagaimana hal itu bisa terjadi?"

Ia menjawab, "Begitulah do'a orang-orang yang masih hidup. Apabila mereka mendo'akan orang-orang yang sudah mati dan do'a itu dikabulkan, maka do'a itu diletakkan diatas piringdari cahaya dan ditutupi dengan sapu tangan sutera. Lalu hadiah itu diberikan kepada orang mati yang didi'akan itu. Lalu dikatakan kepadanya: "Terimalah ini hadiah dari si fulan kepadamu".

Seberapa sering kita berziarah ke makam orang tua, keluarga dan guru kita yang telah meninggal dunia? Seberapa banyak kita mendo'kan mereka dalam waktu-waktu kita beribadah? Ziarah dan do'a kita sangat penting bagi mereka.

Sampaikanlah ilmu ini kepada orang lain, semoga mempermudah urusanmu di dunia dan akhirat dan memberatkan timbangan amal baikmu di Yaumul Mizan.



sumber: @cewekhijrah

0 Response to "Beginilah Ekspresi Orang Tua Di Alam Kubur Ketika Diziarahi Atau Dido'akan Anaknya"

Post a Comment