Tujuh Sholat Sunah yang Perlu Dikerjakan Selama Ramadhan


Tujuh Sholat Sunah yang Perlu Dikerjakan Selama Ramadhan
sumber : Tribun Jateng
Sahabat, datangnya bulan suci Ramadan ini adalah momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di dunia. Di bulan tersebut, umat muslim bisa beribadah yang nilai pahalanya berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan yang lainnya.

Maka sebagai umat Islam, sudah semestinya memanfaatkan Bulan Suci ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara beribadah wajib dan sunah sebanyak yang kita bisa lakukan. Karena belum tentu bisa menikmati bulan Ramadan tahun berikut.

Salah satu ibadah yang perlu kita lakukan selain sholat wajib adalah sholat sunnah. Dengan mengerjakan ibadah ini, kita bisa menambal ibadah wajib yang mungkin belum sempat dilakukan atau terlewat.'

Berikut ini adalah tujuh sholat sunnah yang perlu kita lakukan saat Ramadan, sebagaimana disampaikan Ustaz Encep Abdul Rojak, beberapa waktu lalu:

1. Sholat Tarawih

Sebagaimana kita ketahui, sholat Tarawih adalah sholat sunah yang dilakukan khusus pada bulan Ramadan. Waktu pelaksanaannya adalah selepas sholat Isya dan biasanya dilakukan berjamaah di masjid terdekat.

2. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat sunah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sholat ini dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tak terbatas.

3. Sholat Hajat

Seperti namanya, sholat Hajat merupakan sholat sunah yang bertujuan untuk meminta hajat atau keinginan tertentu supaya dikabulkan oleh Allah SWT. Sholat ini dikerjakan antara 2 hingga 12 rakaat dengan salam setiap dua rakaat. Waktu pengerjaannya bisa kapan saja kecuali pada waktu-waktu yang dilarang untuk sholat.

4. Sholat Witir

Sholat Witir adalah sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari, antara setelah waktu isya dan sebelum waktu sholat subuh dengan rakaat ganjil. Di lingkungan kita, sholat Witir biasanya dikerjakan setelah sholat Tarawih. Tapi sebetulnya bisa juga dikerjakan setelah sholat Tahajud.

5. Sholat Tasbih

Dalam sholat sunah Tasbih, yang mengerjakannya akan membaca kalimat tasbih, yakni 'Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar' sebanyak 300 kali. Namun, jumlah itu dibagi empat rakaat sehingga masing-masingnya 75 kali tasbih.

6. Sholat Duha

Sholat sunah ini bisa dilakukan setelah matahari terbit dan sebelum waktu sholat Dzuhur tiba dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat. Sangat nyaman mengerjakan sholat ini setibanya di kantor, di sekolah, ataupun di rumah.

7. Sholat Taubat

Sholat Taubat adalah sholat sunah yang dikerjakan oleh seorang muslim yang ingin bertaubat atas kesalahan-kesalahannya. Sholat Taubat dilaksanakan dua rakaat dengan waktu yang bebas kecuali pada waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat.



oleh : Rifqi Aufal S
sumber : Umma

0 Response to "Tujuh Sholat Sunah yang Perlu Dikerjakan Selama Ramadhan"

Post a Comment