Rutinkan 7 Amalan Ini Agar Meraih Husnul Khatimah Saat Ajal Tiba


7 Amalan Ini Agar Meraih Husnul Khatimah Saat Ajal Tiba

Ada amalan yang jika dilakukan, akan membantu kita meraih husnul khatimah. Amalan tersebut, bukan hanya amal perbuatan melainkan pula amalan hati. Rutinkan amalan-amalan berikut agar kelak dapat meninggal dunia dengan kondisi husnul khatimah.


1. Menjauhi Kekafiran

Sebanyak apapun amal kebaikan yang diperbuat, jika ada setitik kekafiran di dalam hati, maka sia-sialah amalan tersebut. Apalagi jika titik itu dibawa mati, maka su’ul khatimah akan menjadi akhir hidup.

Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati dalam keadaan kafir, maka tidaklah akan diterima dari seseorang di antara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus dirinya dengan emas (yang sebanyak) itu.” (QS. Ali Imran: 91).


2. Ikhlaskan Amal

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya ada seseorang yang melakukan amal shalih sebatas dalam pandangan manusia (agar ingin dilihat manusia-pen), dan sungguh ia termasuk penghuni neraka.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Hanya amalan ikhlas yang mendapat balasan. Meski seseorang telah bersusah payah melakukan banyak kebaikan, namun jika ada perasaan riya’ dan sum’ah, maka hanguslah pahalanya. Ia pun akan menyesalinya saat kematian tiba.


3. Bertaubat

Setiap melakukan kesalahan, segeralah bertaubat. Jangan sampai ajal lebih dahulu tiba sementara taubat belum dilakukan sempurna. Setiap hari, mohonlah ampun untuk setiap dosa, agar saat ajal tiba, Allah sudah mengampuni semua kesalahan kita.

Dalam hadits qudsi, Rasulullah bersabda, Allah berfirman, “Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kalian melakukan kesalahan di siang maupun malam, dan Aku Maha Mengampuni dosa, Maka mintalah ampunan kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuni kalian.” (HR. Muslim).


4. Amalan Rutin Meski Sedikit

Saat teringat kematian, surga dan neraka, tiba-tiba muncul semangat beribadah. Beragam shalat sunnah dikerjakan dengan banyak rakaat. Namun ketika muncul lupa dan malas, amalan tersebut ditinggalkan seakan-akan tak pernah melakukannya. Jika demikian keadaannya, maka husnul khatimah hanyalah keinginan semata, namun tak ada niatan tulus mendapatkannya.

Ingatlah sabda nabi, “Amalan yang paling dicintai Allah adalah amalan yang berkesinambungan meskipun sedikit.” (HR. Muslim).


5. Hindari Perbuatan Dzalim

Rasulullah bersabda, “Takutlah terhadap doa orang-orang yang terzalimi, karena tidak ada hijab antara dirinya dengan Allah.” (HR. Muslim). Bayangkan jika seseorang yang pernah kita dzalimi, menengadahkan tangannya dan berdoa agar kita mati dalam kondisi su’ul khatiman. Naudzubillahi min dzalik.


6. Selalu Mengingat Kematian

Jika selalu ingat mati, seseorang akan makin giat beramal agar meraih husnul khatimah. Nabiyullah bersabda, “Umur umatku antara 60 sampai 70 tahun, dan sedikit yang melampaui umur tersebut.” (HR. Ibnu Majah).


7. Berdoa Memohon Husnul Khatimah

Rasulullah mengajarkan sebuah doa dalam sabda beliau, “Sesungguhnya hati seluruh manusia berada di antara dua jemari dari sekian jari jemari Allah. Ia yang (berkuasa) memalingkan hati sesuai kehendak-Nya.” Setelah itu, Rasulullah berdoa, “Allahumma musharrifal qulub sharrif qulubuna ‘ala tha’atik (Ya Allah yang Maha membolak-balikkan hati, tunjukilah hati kami di atas ketaatan kepada-Mu).” (HR. Muslim).

Dengan doa tersebut, kita memohon hati yang selalu di atas ketaatan hingga ajal tiba. Betapa banyak orang yang selalu berbuat amal saleh di sepanjang hidupnya, namun melakukan amal buruk di penghujung usianya. Tak sedikit muslimin yang istiqamah, tiba-tiba tersesat di akhir umurnya. Karena itu, panjatkan selalu doa ini agar selalu berada di dalam ketaatan hingga akhir usia dan meraih husnul khatimah.

Kita tak pernah tahu kapan ajal akan menjemput. Bisa jadi besok, pekan depan, atau tahun depan, malaikat maut akan datang mencabut nyawa. Saat hari itu tiba, pastikan kita layak mendapat gelar husnul khatimah. Siapapun yang mendapat gelar ini, sudah dipastikan akan selamat di akhirat nanti. Ya Allah, anugerahkanlah kami husnul khatimah, aamiin ya Rabb Al Alamin.



sumber: Muslimahdaily
gambar: topmedia.co.id

0 Response to "Rutinkan 7 Amalan Ini Agar Meraih Husnul Khatimah Saat Ajal Tiba"

Post a Comment