Ternyata 5 Hal Sepele Ini Termasuk Sedekah Juga Lho


5 Hal Sepele Ini Termasuk Sedekah


Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Bulan di mana kamu bisa menabung pahala sebanyak-banyaknya dengan beribadah kepada Allah, tak terkecuali sedekah. Agar menjadi kebiasaan bersedekah di Bulan Ramadhan, beberapa orang melatih dirinya sendiri jauh-jauh hari sebelum Ramadhan untuk bersedekah.


Ada yang sudah menghitung berapa saja yang akan dikeluarkan untuk bersedekah ada juga yang sudah menyisihkan beberapa uangnya dari sekarang. Namun, sedekah tidak melulu menggunakan uang. Dikutip dari muslimahdaily.com, berikut hal-hal sederhana yang terlupakan tapi ternyata jika dilakukan kamu bisa mendapatkan pahala sedekah, juga lho.


1. Menyingkirkan Gangguan dari Jalan
Pernahkah kamu menemukan kerikil di depanmu saat hendak jalan di tempat umum? Atau, pernahkah kamu melihat batu yang besar atau sampah yang menghalangi tempatmu untuk berjalan? Saat melihat benda-benda tersebut atau benda lainnya yang menghalangi jalan seseorang sebaiknya hendak disingkirkan. Tanpa sadar, kamu telah melakukan satu kebaikan dengan menghindarkan orang lain dari bahaya, lho.
Rasulullah pernah bersabda dalam hadisnya, “Kamu menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu,” (HR Bukhari).


2. Mendamaikan Orang yang Berselisih
Sering sekali kita temukan dua orang atau lebih berselisih. Baik secara langsung kita temui di rumah, kantor, tempat umum, atau kamu menemukannya di group ruang obrolan. Yuk, damaikan mereka yang berselisih di manapun, sebab bagaimana pun juga sudah menjadi kewajiban kita untuk membuat dua orang atau lebih yang berselisih bisa saling memaafkan dan berdamai. Sepele sih tapi ternyata itu juga bagian dari sedekah.


3. Berkata Baik
Dewasa ini, ucapan-ucapan kasar sudah menjadi hal yang dianggap biasa di telinga masyarakat. Bahkan, banyak yang menganggapnya hanya sebagai lelucon belaka. Terdapat kalimat yang mengungkapkan bahwa mulutmu ialah harimaumu. Maka dari itu, berbicaralah secara santun dan halus, jangan terbiasa mengumpat dan jangan sampai kalimat yang kita ucapkan menyakiti hati orang lain, karena berkata baik merupakan salah satu bentuk sedekah juga, lho.


4. Melangkah ke Masjid
“Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah,” (HR Muslim). Jadi, jangan ragu-ragu untuk melangkahkan kaki ke masjid. Selain pahala karena melaksanakan shalat, ternyata kamu juga mendapatkan pahala bersedekah.


5. Membagikan Ilmu
Sebaik-baiknya manusia ialah manusia yang dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Kalimat tersebut dapat juga diterapkan dalam menuntut ilmu. Semakin kita memiliki banyak pengetahuan, akan lebih baik jika kita membagikannya kepada orang lain. Semakin kita berbagi, maka insya Allah akan semakin bertambah dan membawa berkah pula ilmu yang kita miliki.

wallahu'alam bishawab.



sumber : muslimahdaily.com

0 Response to "Ternyata 5 Hal Sepele Ini Termasuk Sedekah Juga Lho"

Post a Comment