Obati Rasa Takutmu dengan Memperbanyak Sholat di Rumah


Obati Rasa Takutmu dengan Memperbanyak Sholat di Rumah

Takut dari musuh atau wabah penyakit di luar rumah yang mengancam keselamatan jiwa, raga, harta dan keluarga adalah tabiat manusia.

Takut dari wabah penyakit dan musuh yang ada di luar rumah adalah udzur syar’i yang membolehkan seorang mukmin untuk sholat fardhu di rumah, di saat itu rumah adalah tempat terbaik untuk bermunajat kepada Alloh Ta’ala dengan sholat, membaca Al-Qur’an dan dzikir. Ini adalah petunjuk Alloh Ta’ala Yang Maha Tahu apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

Alloh Ta’ala berfirman :

… وَاجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ قِبْلَةً وَأَقِيمُوا الصَّلاةَ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

… Jadikanlah rumah-rumah kalian sebagai tempat sholat bagi kalian, dirikanlah sholat dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus: 87)

Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu mengatakan, “Mereka diperintahkan untuk menjadikan rumah mereka sebagai tempat sholat mereka.

As-Sauri telah meriwayatkan pula dari Ibnu Mansur, dari Ibrahim, ia berkata, “Di saat mereka dicekam oleh rasa takut, mereka diperintahkan untuk melakukan sholat di rumah masing-masing.

Di saat merasa takut, perbanyaklah sholat, karena sholat adalah obat mujarab penghilang rasa takut, gelisah dan was-was.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ صَلَّى

Rasululloh Shollallohu ‘alaihi Wasallam apabila mengalami suatu kegelisahan, maka beliau sholat. (HR. Abu Daud)


Oleh: Ustadz Abdurrahim Lili, Lc
sumber : Umma

0 Response to "Obati Rasa Takutmu dengan Memperbanyak Sholat di Rumah"

Post a Comment