Lukisan Orang Yang Sedang Bersimpuh di Depan Ka`bah Ini Bikin Hati Meleleh


Lukisan Orang Yang Sedang Bersimpuh di Depan Ka`bah Ini Bikin Hati Meleleh

Sebuah lukisan yang menggambarkan seorang pembersih sedang berlutut di depan Ka'bah di dalam Masjidil Haram yang Agung. Dia adalah satu-satunya orang yang ada disitu, padahal di tempat itu biasanya ramai banyak jamaah yang sedang menunaikan ibadah haji atau umroh di situs yang suci itu. Momen kehampaan, keheningan, dan kontemplasi tertangkap dalam sebuah lukisan karya seniman Saudi, Nabila Abuljadayel.

Lukisan itu mencerminkan keputusan bersejarah yang diambil otoritas Arab Saudi untuk menutup Masjidil Haram guna mencegah penyebaran virus corona dan melindungi siapapun yang berkunjung ke negara itu agar tidak terinfeksi wabah mematikan tersebut.

Nabila Abuljadayel , yang merupakan pelukis dari Arab Saudi ini memberi judul lukisan yang indah ini dengan nama "Isjod wa Iqtareb" yang artinya Bersujud dan Mendekat. Nabila sendiri merupakan Duta Kebaikan untuk Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman.

"Inspirasi saya untuk lukisan ini berdasarkan pada peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang luar biasa. Sesungguhnya ini pertama kalinya dalam hidup saya bahwa saya tidak dapat mengunjungi Masjidil Haram. Hal itu membuat saya menyadari betapa suatu kehormatan, hak istimewa, dan berkah dari Allah untuk bisa mengunjuungi Masjidil Haram," terang Nabila.

Nabila menyadari, satu-satunya orang yang memiliki status istimewa untuk mengunjungi Masjidil Haram adalah orang-orang yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk merawat situs paling suci umat Islam tersebut.

"Para pekerja, tukang bersih-bersih yang tak dikenal namanya, tak dikenal wajahnya, yang cenderung kita anggap remeh, ternyata mereka yang memiliki peluang terbaik dan teristimewa di dunia, berhak memasuki Masjidil Haram," tambahnya.

"Orang-orang ini, yang melayani Allah siang dan malam, adalah orang-orang yang sekarang berhak ibadah di Masjidil Haram, sebuah hak yang sangat istimewa, ini mengandung makna yang dalam, dan itu menunjukkan bagaimana kita semua sama di mata Tuhan" ujar Nabila.

Lukisan tersebut mendapat apresiasi di media sosial dan beberapa penggunanya. Areej Al-Rowaily (@al_areej_des) mengatakan, "Hanya prajurit anonim yang tersisa. Dibuat oleh Nabila Abuljadayel."

Mohammed Al-Qadi (@moealqadi) mengatakan bahwa semua orang tidak hadir dan mereka yang melayani rumah suci ini tetap berdoa di depan Ka`bah.

Sementara Fahda Bint Saud (@fahdabntsaud) mengatakan sangat tersentuh oleh karya seni dan menggambarkannya sebagai salah satu lukisan paling indah. (Arab News)



dari berbagai sumber
foto dari : Arab News

0 Response to "Lukisan Orang Yang Sedang Bersimpuh di Depan Ka`bah Ini Bikin Hati Meleleh"

Post a Comment