KIsah Wanita Tua Yang Suka Meludahi dan Melempar Kotoran Kepada Rasulullah SAW


Wanita Tua Yang Suka Meludahi dan Melempar Kotoran Kepada Rasulullah SAW

Alkisah ada seorang wanita tua yang terang-terangan berani menghina Rasulullah, wanita tua itu memiliki kebiasaan suka berdiri di depan rumahBaginda Nabi sambil menunggu kedatangannya. Dirinya tahu betul bahwa Rasulullah suka melewati pintu rumahnya jika hendak berangkat untuk menunaikan ibadah di Masjidil Haram.

Pada saat Rasulullah melewati rumahnya, wanita tua itu seketika langsung meludahi tubuh suci Rasulullah dengan penuh kebencian. Alih-alih membalas keburukan wanita itu, Rasulullah malah membalasnya dengan senyuman.

Sampai pada suatu saat, Rasulullah tidak mendapati wanita tua itu di depan rumahnya. Rasulullah bertanya-tanya kemanakah gerangan wanita tua yang suka meludahinya itu, seketika itu Baginda Nabi langsung bertanya kepada tetangga wanita tua itu. “Wahai Fulan, tahukah engkau dimanakah wanita pemilik rumah ini, yang setiap kali aku lewat selalu meludahiku,” tanya Rasulullah.

Tetangga wanita tua itu kebingungan mengapa Rasulullah menanyakan orang yang jelas-jelas menghinanya, apalagi dengan cara meludah. Tetangga tersebut kemudian lantas menjawab. “Wahai Muhammad… Apakah engkau tidak mengetahui bahwa si wanita yang engkau tanyakan dan yang biasa meludahimu, sudah beberapa hari ini dia sedang terbaring sakit,” jawab orang tersebut.

Setelah mengetahui kabar tersebut, Rasulullah seketika itu langsung mengangguk-anggukan kepalanya lalu bergegas pergi untuk beribadah di Masjidil Haram. Setelah selesai beribadah, Rasulullah memutuskan untuk menjenguk wanita tua itu.

Wanita tua itu tersadar dan mengetahui bahwa Rasulullah telah datang untuk menjenguknya, wanita tua itu terheran-heran dan bergumam dalam hati "Duhai betapa luhur budinya manusia ini. Meksipun setiap hari aku ludahi, justru dia adalah orang pertama yang menjenguk ku.” Takjub akan perbuatan mulia Rasulullah, wanita tua itu lalu menangis dan bertanya kepada Rasulullah.“Wahai Muhammad, mengapa engkau menjengukku, padahal tiap hari aku meludahimu?” Baginda Nabi pun lalu menjawab, “Aku yakin, engkau meludahiku karena engkau belum mengetahui kebenaranku. Jika engkau mengetahuinya, aku yakin engkau tidak akan lagi melakukannya.”

Setelah mendengar jawaban Rasulullah, wanita tua itu seketika bergetar hingga airmatanya terus mengalir. “Wahai Muhammad, mulai saat ini, aku bersaksi untuk mengikuti agamamu,” ucap wanitatua itu. Wanita tua itu langsung mengucapkan dua kalimat syahadat.

Subhanallah, dari kisah di atas kita dapat mengetahui betapa mulianya akhlak Nabi Muhammad SAW. Sang Baginda Nabi selalu mengajarkan umatnya untuk membalas keburukan dengan kebaikan. Karena Islam bukanlah agama yang mengajarkan kekerasan.


dari berbagai sumber

0 Response to "KIsah Wanita Tua Yang Suka Meludahi dan Melempar Kotoran Kepada Rasulullah SAW"

Post a Comment