Pahala Bagi Anak Yang Berbakti Kepada Orang Tua


Do'a anak sholeh, kasih sayang orang tua,

Suatu hari Nabi Musa AS bertanya kepada Allah. “Ya Allah, siapakah orang di syurga nanti yang akan bertetangga dengan aku?”

Kemudian Allah SWT menunjukkan kepada nabi Musa AS orang yang dimaksudnya berada di daerah ini dan kampung ini.

Singkat cerita, nabi Musa AS akhirnya menemukan alamat yang dituju. Setelah memberi salam beliau dipersilahkan duduk diruang tamu. Namun, tuan rumah tidak langsung melayaninya seperti pada umumnya. Dia langsung masuk kedalam kamar dan keluar dengan membawa seekor babi yang cukup besar. Kemudian dia memandikan babi itu membersihkannya setelah itu menciumnya dan membawa babi itu masuk kedalam kamar lagi.

Belum selesai terkejutnya nabi Musa AS, orang tersebut membawa keluar babi lagi dengan ukuran yang lebih besar dan melakukan hal yang sama seperti babi yang pertama.

Setelah semua beres orang tersebut baru melayani nabi Musa AS. Kemudian nabi Musa AS bertanya kepada orang tersebut “Wahai saudara! Apa agama kamu?”. “Aku beragama Tauhid (Islam)”, jawab sang pemuda. “Tapi, mengapa kamu memelihara babi? Kita tidak boleh berbuat begitu.” Kata Nabi Musa AS.

“Wahai tuan hamba”, kata pemuda itu. “Sebenarnya kedua babi itu adalah ayah dan ibu kandungku. Oleh karena mereka telah melakukan dosa yang besar, maka Allah telah menukarkan rupa mereka menjadi babi yang buruk rupanya. Soal dosa mereka dengan Allah itu soal lain. Itu adalah urusan meraka dengan Allah. Aku sebagai anaknya tetap melaksanakan kewajibanku sebagai seorang anak. Setiap hari aku berbakti kepada kedua orangtuaku sepertimana yang tuan hamba lihat tadi. Walaupun rupa mereka sudah menajdi babi, aku tetap melaksanakan tugasku.”, sambungnya.

“Setiap hari aku berdoa kepada Allah agar dosa mereka diampunkan. Aku bermohon supaya Allah menukarkan wujud mereka menjadi manusia yang sebenar-benarnya, tetapi Allah masih belum mengabulkannya.”, tambah pemuda itu lagi.

Maka ketika itu juga Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Musa a.s. ‘Wahai Musa, inilah orang yang akan bertetangga dengan kamu di Syurga nanti, hasil baktinya yang sangat tinggi kepada kedua orangtuanya. Walaupun orang tuanya yang sudah buruk dengan wujud babi pun dia tetap berbakti juga. Oleh itu Kami naikkan kedudukannya sebagai anak sholeh disisi Kami.”

Pesan Moral:
Menjadi kewajiban bagi seorang anak untuk berbakti kepada orang tua, apapun dan bagaimanapun kodisi orang tuanya. Semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang yang selalu berbakti kepada kedua orang tua kita.


sumber : FP Kumpulan Kata-kata Bijak

0 Response to "Pahala Bagi Anak Yang Berbakti Kepada Orang Tua"

Post a Comment