Syair Do'a Abu Nawas Al-I'tiraf - Sebuah Pengakuan Dosa


Amalan Do'a, Do'a anak sholeh, Do'a Abu Nawas,

Abu Nawas adalah pujangga Arab dan merupakan salah satu penyair terbesar sastra Arab klasik,  ia digambarkan sebagai sosok yang bijaksana sekaligus kocak. Penyair ulung sekaligus tokoh sufi ini mempunyai nama lengkap Abu Ali Al Hasan bin Hani Al Hakami, dilahirkan di kota Ahvaz di negeri Persia, dengan darah Arab dan Persia mengalir di tubuhnya. Abu Nawas hidup pada zaman Khalifah Harun Al-Rasyid di Baghdad (806-814 M). Oleh masyarakat luas Abu Nawas dikenal terutama karena kecerdasan dan kecerdikan dalam melontarkan kata-kata, sehingga banyak lahir anekdot jenaka yang sarat dengan hikmah.

Salah satu syair do'a yang pernah dibuatnya semasa hidupnya yaitu Al-I'tiraf. Syair do'a ini sangat terkenal bahkan hingga saat ini dan banyak dilantunkan di mesjid-mesjid. Syairnya indah, membuat siapa saja yang membacanya secara khidmat ingin meneteskan air mata. Dan inilah syair do'a Al-I'tiraf :

إِلهِي لََسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاَ# وَلاَ أَقوى عَلَى النّارِ الجَحِيم فهَبْ لِي تَوْبَةً وَاغْفِرْ ذنوبِي # فَإنّكَ غَافِرُ الذنْبِ العَظِيْم ذنوبِي مِثلُ أَعْدَادٍ الرّمَالِ # فَهَبْ لِي تَوْبَةً يَاذَاالجَلاَل وَعُمْرِي نَاقِصٌ فِي كُلِّ يَوْمٍ # وَذنْبِي زَائِدٌ كَيفَ احْتِمَالِي إلهي عَبْدُكَ العَاصِي أَتَاكَ # مُقِرًّا بِالذنوبِ وَقَدْ دَعَاك فَإِنْ تَغْفِرْ فَأنْتَ لِذاك أَهْلٌ # فَإنْ تَطْرُدْ فَمَنْ نَرْجُو سِوَاك


Artinya :

Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga..
Tapi aku tidak kuat dalam neraka.

Maka berilah aku taubat/ampunan dan ampunilah dosaku..
Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dosa yang besar.

Dosaku bagaikan bilangan pasir di pantai..
Maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.

Umurku berkurang setiap hari..
Sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.

Wahai, Tuhanku!
Hamba Mu yang durhaka telah datang kepada Mu..
Dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.

Maka jika Engkau mengampuni,
Engkaulah pemilik ampunan..
Tetapi jika Engkau menolak,
kepada siapa lagi aku mengharap selain kepada Engkau..

dari berbagai sumber

0 Response to "Syair Do'a Abu Nawas Al-I'tiraf - Sebuah Pengakuan Dosa"

Post a Comment