Kisah Sukses Colonel Harland Sanders Si Pendiri KFC


Inspirasi, kisah Inspirasi, motivasi

Colonel Harland Sanders, atau yang bernama lengkap Colonel Harland David Sanders, lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat sekitar ratusan tahun yang lalu, yaitu tepatnya pada tanggal 9 September 1890, dari keluarga dari pasangan Wilbur David dan Margaret Ann Sanders sekaligus merupakan anak tertua dari tiga bersaudara . Ayahnya bekerja serabutan yang tugasnya adalah membantu petani di Henryville. Sedangkan  Ibunya tidak bekerja dan hanya mengurus anak-anaknya dirumah..

Sejarah mengatakan ketika Sanders berusia 6 tahun, ayahnya meninggal.dunia. Karena sakit demam. Otomatis di usianya yang masih kecil, sanders kecil menjadi anak yatim dan mandiri. Ibunya pada saat itu sudah tidak mampu bekerja lagi namun Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang baru balita berumur 3 tahun. sungguh malang hidup Harland kecil.

Dengan kondisi yang memilukan seperti ini,  keadaan mendesak Sanders kecil untuk memasak demi mencukupi kebutuhan ia bersama keluarga nya. Hari demi hari keahlian memasak Harland kecil pun semakin terasah. Di usianya yang masih belia, di tahun berikutnya yaitu ketika Harland kecil berusia 7 tahun ia mulai menunjukan keahlianya mulai turun tangan di beberapa tempat memasak. Keahlianya pun membuahkan hasil positif, hingga pada usia ke 10 tahun Harland kecil berhasil mendapatkan pekerjaan pertamanya dengan gaji 2 dollar per bulan. 

Namun setelah masa itu ia mulai berganti ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Mulai dari menjadi tukang parkir, jadi pilot kapal uap, agen asuransi, petani, dan sebagainya. Akhirnya ia menemukan pekerjaan tetap sebagai petugas pemadam kebakaran di perusahaan kereta api Amerika. pada usaia 15 tahun di New Albany, Indiana. Hingga pada akhirnya Harjland muda menjadi tentara yang di kirim ke kuba..

Pada  tahun 1908, Harland muda merasa cukup mapan, Harland Sanders lalu menikah dengan Josephine King. Mereka dikaruniai tiga orang anak, Harland Jr. Yang kemudian meninggal saat masih kecil dan dua putri, Mildred Sanders Ruggles dan Margaret Sanders.

Suatu ketika Harland Sanders dipecat dari pekerjaannya karena membangkang atasannya. Istrinya pergi meninggalkannya dengan membawa serta kedua putrinya kerumah mertuanya. Kakak istrinya bahkan sempat mengirimi ia surat yang bunyinya: “Adik saya tidak mau lagi bersama dengan orang sial sepertimu yang tidak mampu mempertahankan pekerjaan”. Bertahun-tahun kemudian, Harland mencoba berbagai macam pekerjaan tapi tak satupun yang bertahan lama.  

Beberapa lama kemudian, Colonel Sanders mulai menjual makanan kepada para pengunjung dirumahnya, karena waktu itu ia belum memiliki restoran. Saat itu ia hanya menyajikan menu ayam dan makanan lainnya seperti daging ham dan steak. Dengan cepat stasiun makanan miliknya menjadi terkenal di wilayah Kentucky yang kemudian ia beri nama “Kentucky Fried Chicken of Harland Sanders”.


Para pengunjung terkesan dengan cita rasa yang khas. bumbunya yang memang sengaja ia racik dari 11 bumbu yang berbeda. Sejak saat itulah kehidupan Harland Sanders mulai berubah.

Untuk menambah pemasukan dan memberikan inovasi, Harland membeli Pressure Cooker yang saat itu baru saja beredar dipasaran, dan ternyata dia lah juru masak pertama yang menggunakan alat itu. JIka biasanya butuh waktu 30 menit untuk mempersiapkan daging ayam, namun tidak dengan alat itu, hanya perlu waktu 9 menit. Dengan begitu pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati sajian ayam goreng dan dengan pesatnya jumlah pelanggannya pun kian meningkat.

Sanders merasa sudah saatnya untuk segera mengembangkan usahanya dari stasiun makanan menjadi bisnis yang lebih besar dan dahsyat. Hingga pada tahun 1937, Harland membuka Motel Sanders Court & Cafe yang merupakan restoran cepat saji.

Setelah mendapat gelar Colonel, Harland Sanders merubah penampilannya dengan mengenakan setelan berwarna putih dengan dasi kupu-kupu hitam menghiasi kerahnya yang mana saat ini potret dirinya itu menjadi logo resmi KFC. Image tersebut dengan cepat disukai oleh warga Amerika yang suka dengan sajian direstoran yang dimiliki Sanders. Saat itu, jumlah pelanggan dan jaringannya sangat banyak, bahkan melebihi yang ia perkirakan sebelumnya

Namanya bisnis dan usaha tentu ada cobaan dan tantangannya. Pada 1956, jalur transportasi Interstate 75 yang melewati Corbin baru saja selesai dibangun. Sayangnya hal itu menyebabkan pengunjung tidak melewati restoran Sanders, hingga menyebabkan jumlah pelanggannya berkurang drastis. Usaha Sanders pun mulai merugi, ia bahkan harus menjual property-nya senilai 75.000 USD guna membayar hutang. Dia bahkan nyaris bangkrut diusia 66 tahun, dan hidup dengan mengandalkan sisa tabungan  serta uang jaminan sosial sebesar 105 USD sebulan. Akhirnya Sanders memutuskan untuk pindah ke Shelbyville,Kentucky.

Belajar dari pengalaman pahit sebelumnya, Sanders memutuskan untuk menjual resep rahasia yang dimilikinya ke restoran lain. Dengan tekad bulat, Sanders berkeliling Amerika dengan membawa serta bahan bumbu dan Pressure Cooker dengan mengendarai mobil Ford 1946 miliknya. Ia kemudian memasuki satu persatu restoran yang ada di Amerika guna memasarkan resep ayam goreng dan bumbu yang digunakannya.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak? Kakek Sanders ini ternyata pernah ditolak hingga 1008 kali! Ia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil, dan bangun di pagi hari dengan kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Dan akhirnya, idenya diterima dengan sukses besar!! Ia telah mendengar 1008 kata "Tidak" sebelum akhirnya Ia mendengar kata "Ya". Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka tidak pernah menyerah.

Butuh waktu lama sampai ia mendapat pelanggan pertamanya. Menurut kontrak, Sanders hanya mendapat bagian 5 sen dari tiap potong ayam yang berhasil terjual. Lumayanlah, jika dikalikan dengan jumlah pembeli yang kian bertambah. Hingga pada tahun 60-an, Colonel Sanders sudah memiliki ratusan cabang franchise di restoran yang ada di Amerika.

Saat ini, KFC telah memiliki lebih dari 18000 outlet yang tersebar di 120 negara dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika setiap tahunnya. KFC telah berkembang menjadi salah satu bisnis waralaba yang paling menguntungkan di seluruh dunia.

Kadang kita berpikir terlalu tua atau terlalu muda untuk memulai Bisnis, Tapi Colonel Harland Sanders mulai usaha pada usia 65 tahun. Yang merasa muda masak kalah sama Colonel Sanders, yang merasa tua apakah kalah tua dengan Colonel Sanders?

Kadang Kita berhenti belajar dalam hitungan minggu saja, Kolonel Sanders terus belajar selama 9 tahun untuk menyempurnakan keberhasilannya.

Kadang Kita ingin berhenti karena ditolak beberapa kali, Kolonel Sanders ditolak 1008 kali! Namun yang ke-1009 membawanya menjadi MULTI MILYUNER, membawa KESUKSESAN baginya. Jangan Pernah menyerah!! KEBERHASILAN sudah di depan mata Anda.


sumber :
* Wikipedia
* kompasiana.com

0 Response to "Kisah Sukses Colonel Harland Sanders Si Pendiri KFC"

Post a Comment