Inilah Ciri Orang Yang Shalatnya Tidak Diterima Selama Enam Puluh Tahun



Rasulallah SAW bersabda, "Sesungguhnya ada seseorang yang shalat selama enam puluh tahun, namun tidak ada satu shalatpun yang diterima. Barangkali orang itu menyempurnakan ruku' tapi tidak menyempurnakan sujudnya. Atau menyempurnakan sujud, namun tidak menyempurnakan ruku'nya".
(HR. Al-Ashbahani dalam At-Targhib, Ash-Shohihah no.2535)

Sholat asal beres?
Sholat ngebut?
Sholat yg penting sholat?
Sholat tapi tak tau apa yang sedang di lakukan dengan sholat nya?
Sholat tapi tak sesuai dgn tuntunan Rasulullah?
Berhati-hatilah bisa jadi semua amalan shalat mu tidak di terima bahkan selama 60 th lamanya...naudzubillahi mindzalik.

“Sesungguhnya pertama kali yang dihisab (ditanya dan diminta pertanggungjawaban) dari tiap amalan seorang hamba di hari kiamat kelak adalah shalatnya. Bila shalatnya baik maka beruntunglah ia dan bilamana shalatnya rusak, sungguh kerugian menimpanya.” (HR. Tirmidzi)

Imam Ahmad RH berkata, “Akan datang suatu masa pada manusia, orang-orang yang shalat namun mereka tidak shalat. Dan aku khawatir bahwa masa itu adalah zaman sekarang ini.”
Wahai Imam Ahmad, itu kondisi pada zamanmu. Bagaimana seandainya engkau hidup di zaman kami ini dan melihat bagaimana shalat kami, kaum muslimin pada abad ke-21 ini?

Imam Al Ghazali RH berkata, “Sesungguhnya ada seseorang bersujud yang mengira bahwa ia telah mendekatkan diri kepada Allah dengan sujudnya itu. Demi Allah seandainya dosa sujudnya itu dibagi-bagi untuk penduduk negerinya, mereka pasti binasa.”

“Bagaimana itu bisa terjadi?” tanya seseorang.

Imam Ghazali menjawab, “Ia bersujud dengan kepalanya di hadapan Sang Pencipta, namun ia sibuk dengan permainan, kemaksiatan, syahwat, dan cinta dunia. Sujud untuk Allah macam apa ini?”

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (Al-Ma’un: 4-5).

Allah tidak berfirman, “Maka kecelakaanlah bagi orang yang mendirikan shalat.” Sebab, seandainya mereka mendirikan shalat sesuai dengan makna yang sebenarnya, mereka pasti tidak akan pernah lalai dari shalatnya.

Maka, perhatikanlah bagaimana shalat mu! Sungguh kita perlu melihat diri kita masing-masing, sudahkah shalat kita sesuai dengan tuntunan Rasulullahu‘alaihi wasallam? Sudahkah shalat kita memenuhi syarat dan rukunnya?

Wallahu 'alam bishawab.


sumber : FP Motivasi Hijrah Indonesia

0 Response to "Inilah Ciri Orang Yang Shalatnya Tidak Diterima Selama Enam Puluh Tahun"

Post a Comment