Hukum Berprasangka Buruk Kepada Orang Lain Menurut Al Quran


Prasangka, Berita Islami

Ketika kita dihadapkan dengan sesuatu yang tidak biasa yang berkaitan dengan perilaku seseorang, biasanya kita langsung berpikir hal lain sesuai dengan perubahan orang tadi, bahkan tak jarang kita berfikir atau berprasangka yang tidak baik terhadap orang tersebut. Padahal alangkah baiknya bila kita mau lebih bersabar menunggu atau mencari tahu apa yang menyebabkan orang tersebut jadi berubah.

Mudah-mudahan ilustrasi cerita di bawah ini dapat membuat anda berfikir lebih baik dan bersabar bila berhadapan dengan situasi yang dijelaskan di atas. Ceritanya suatu hari, terjadi komunikasi antara dua orang sahabat melalui pesan singkat atau SMS..

Sahabat A : "Bro, aku lagi butuh 500 ribu ni, penting banget, darurat. Please, tolong pinjami aku dulu".

Sahabat B membalas: "Tunggu barang setengah jam ya bro, insya Allah nanti aku transfer".

Sudah lewat dari 1/2 jam . . satu jam . . tapi sahabat B tidak juga memberi kabar. Ketika ditelpon pun ternyata HP nya tidak aktif. Ia pun kecewa kepada sahabatnya itu. Ia merasa sahabatnya meninggalkannya. Bahkan setelah dua jam berlalu HP sahabatnya belum juga bisa dihubungi, tidak aktif. 

Kemudian sahabat A pun mengirim SMS kepada sahabatnya, isinya: "Selama ini aku tidak pernah mengecewakanmu bro. Selama ini kita saling bantu. Kita sudah seperti saudara. Tapi kenapa sekarang engkau menghindar dariku?! Apa salahku?!"

Tapi status pengirimannya PENDING, belum terkirim. 15 menit kemudian, sahabatnya menelpon. Baru saja ia bertanya kepada sahabatnya kenapa tidak bisa dihubungi, tiba-tiba ada SMS masuk ke HP sahabatnya.

"Sebentar ya bro, aku matiin dulu, ada SMS masuk, aku takut ini SMS penting".

Ternyata SMS yg tadi dikirim, baru saja sampai ke HP sahabat B itu. Setelah dibaca, sahabat B menelpon balik dan berkata:
"Astaghfirullah, semoga Allah mengampunimu, brooo . . Aku tidak bermaksud mematikan HP untuk lari darimu. Aku mematikan HP karena aku sedang menjual HPku untuk membantu kebutuhanmu. Lalu, dari sisa penjualan, aku belikan HP second agar bisa menghubungimu".

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ


"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka buruk (curiga), karena sebagian dari berprasangka (curiga) itu dosa . . "  (QS. Al-Hujurat : 12)


sumber dari WAG

0 Response to "Hukum Berprasangka Buruk Kepada Orang Lain Menurut Al Quran"

Post a Comment