Indah Dan Merdunya Alunan Shalawat Tarhim


Shalawat Tarhim, sholawat Nabi, bacaan sholawat Nabi

Setiap menjelang waktu sholat Subuh dan Maghrib kita seluruh masyarakat muslim di indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan bacaan shalawat tarhim. Sholawat tarhim ini sangat melegenda di tanah air dan menjadi lantunan shalawat yang menemani pagi hari kita setiap harinya terutama bulan Ramadhan pada waktu sahur dan imsyak. Alunan sholawat tarhim ini sangat enak didengar, merdu dan menyentuh hati. Membuat pendengarnya terbangun dan semangat dalam menjalankan ibadah sholat Subuh maupun sholat Maghrib.

Dahulu sholawat tahrim ini diperdengarkan di hampir seluruh masjid dan musholla di tanah air terutama jawa timur. meski kini intensitasnya tidak seperti dulu, namun shalawat tarhim ini masih sering diperdengarkan selagi menunggu waktu subuh tiba atau sesaat sebelum adzan dikumandangkan. Tak heran memang mengingat bait dan syairnya mengandung makna yang dalam.

Shalawat ini pertama kali dipopulerkan di Indonesia melalui Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat), Surabaya pada akhir tahun 1960'an. Penciptanya adalah Shaikh Mahmud Khalil Al-Hushshariy, ketua Jam’iyyatul Qurro’ di Kairo, Mesir. Beliau adalah ulama lulusan Universitas Al-Azhar dan merupakan salah satu Qâri’ paling ternama di jamannya, sampai-sampai ia digelari Shaikh al-Maqâri (yang ahli qiro'ah). 

Syaikh Al-Hushshary dikenal karena kepiawaiannya dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. Ia mengatakan bahwa membaca Al-Qur'an bukan semata-mata tentang irama (lagu) atau seni bacaannya, yang paling penting adalah tartil: memahami bacaan Al-Qur'an dengan baik dan benar, yaitu melalui studi kebahasaan (linguistik) dan dialek Arab kuno, serta penguasaan teknik pelafalan huruf maupun kata-perkata dalam Al-Qur'an.

Bacaan shalawat Tarhim ini biasa kita dengar 10 menit sebelum adzan Shubuh. Karena 1 kali bacaan ini berdurasi kurang lebih 5 menit, dengan diulang 2 kali menjadi pas untuk mengisi jeda antara imsak sampai adzan Shubuh.

Berikut adalah teks bacaan shalawat Tarhim, terjemah dan bahasa Arabnya.
(Syeikh Mahmud Khalil Al-Hushariy)



Dan ini adalah videonya :

0 Response to "Indah Dan Merdunya Alunan Shalawat Tarhim"

Post a Comment