Gunakan Mindset Anda Agar Sesuatu Yang Sulit Menjadi Mudah


Gunakan Mindset Anda

Menurut Adi W Gunawan, yang dikutip dari bukunya yang berjudul "The secret Of Mindset", menyebutkan bahwa mindset adalah kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang; sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berpikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap, dan masa depan. Selain itu Adi W Gunawan menyebutkan pula bahwa mindset itu merupakan sikap mental tertentu atau watak yang menentukan respons dan pemaknaan seseorang terhadap situasi.

Jadi mindset sebenarnya kepercayaan (belief), atau sekumpulan kepercayaan (set of beliefs), atau cara berfikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang. Pemikiran yang mendalam sehingga mencapai level yang di sebut dengan keyakinan. Mindset ini di bentuk dari apa yang masuk ke dalam diri kita selama berhari-hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Dibawah ini ada cerita sederhana yang meng-ilustrasikan bagaimana suatu mindset dapat terbentuk di pikiran kita. Simaklah cerita berikut ini:

Seorang istri memiliki suami yg punya kebiasaan dimana setiap dia selesai mandi, dia selalu meletakan handuk basahnya begitu saja di atas kasur.

Meskipun si istri sering ngomel pada suaminya, tetapi suaminya tak berubah.

Cape marah-marah terus, si istri mulai ganti cara dengan menyindirnya. “Bagus sekali ada handuk basah di tempat tidur..!!!” ujarnya dg suara sinis. Atau dengan ucapan, “Kapan handuk bisa jalan sendiri ke jemuran ya..???”

Apakah suaminya berubah.... Tidak..!!!
Bahkan si suami malah makin sebel sama si istri.

Akhirnya si istri merasa cape, marah sudah, nyindir sudah, tapi tak ada hasilnya.

Si istri berfikir, ternyata mengubah kebiasaan orang lain itu susah, apalagi untuk hal yg sudah jadi kebiasaan sejak kecil. akhirnya ia mengubah pikirannya sendiri...!!

“Baiklah, moga handuk basah ini akan menjadi permadaniku di surga nanti. Makin banyak aku memindahkan handuk basah ke jemuran, makin banyak permadani indahku di surga.”

Setiap melihat handuk basah di kasur si istri tersenyum dan bergegas menjemurnya. Perasaannya bahagia.

Apakah handuknya berubah..??? Tidak..!!! Handuk basah tetap ada di kasur. Yg berubah cara pandang dirinya terhadap Handuk basah tersebut.

Waktu berlalu... si istri kaget. Tak ada lagi handuk basah di kasurnya. Ia sudah lupa sejak kapan ia tak lagi melakukannya.

Rupanya melihat keikhlasan istrinya sang suami tergerak untuk melakukannya sendiri.

Inilah yang dinamakan MindSet...

Kadang ada hal yang sulit kita ubah pada orang lain. Jika ingin hasil yang lebih baik, maka "Ubahlah mindset kita lebih dulu"

Jadi, jika anda ingin memiliki pola pikir seperti apa, kebiasaan berpikir seperti apa, hal itulah yang menjadikan anda memiliki mindset seperti itu. Jadi berhati-hatilah dengan yang anda lihat dan yang anda dengarkan. Karena itu akan membentuk mindset anda. Kalau anda sudah membangun mindset anda, maka mindset anda tidak akan jauh berbeda dengan apa yang anda lihat dan yang anda dengarkan setiap hari.

Selamat bermain-main dg mindset anda. Bahagia, sedih, syukur, mengeluh, semua adalah tergantung diri kita.. "Kitalah yang memilih".

0 Response to "Gunakan Mindset Anda Agar Sesuatu Yang Sulit Menjadi Mudah"

Post a Comment