Ingin Cepat Keluar Dari Masalah? Gunakan Jalur Cepat


Ingin Cepat Keluar Dari Masalah

Setiap orang pasti pernah memiliki masalah dalam kehidupannya, bahkan tidak sedikit orang yang saat ini sedang dilanda masalah. Siapapun orangnya, apapun masalahnya, setiap orang tidak mau berlarut-larut dalam masalahnya dan ingin masalahnya cepat berlalu. 

Ada satu pesan yang disampaikan oleh Khalifah Umar bin Khattab ketika melepas pasukan Muslim menuju medan perang;

“Sesungguhnya kalian dimenangkan oleh Allah diatas musuh kalian bukan karena jumlah kalian yang banyak, juga bukan karena kalian itu kuat, tetapi kalian dimenangkan oleh Allah karena kalian taat kepada Allah sedangkan musuh kalian bermaksiat kepada Allah”

Maka, ketika pasukan Islam bermaksiat kepada Allah, sedang musuh juga bermaksiat kepada Allah, maka sunnatullahnya adalah yang kuat atau yang banyak lah yang akan menang, hilanglah kekuatan sejati.

Salah satu sebab pasukan muslim (yang biasanya berjumlah sedikit) bisa mengalahkan pasukan musuh yang berjumlah lebih banyak adalah karena keberkahan, keberkahan yang diundang oleh ketaatan, inilah jalur para pemenang.

Begitu pula dalam hidup, kita bisa keluar dari masalah-masalah bukan karena kita pintar, bukan karena kita cerdas, bukan semata-mata karena segala ikhtiar dan strategi yang kita lakukan, kita bisa keluar dari masalah dan bisa mewujudkan apa yang kita inginkan karena ditolong oleh Allah, pertolongan Allah yang datang dari ketaatan, inilah jalur percepatan.

Bisa terbebas dari hutang, sembuh dari sakit, rezeki membaik, keluarga tentrem, bukan semata karena upaya kita, tapi karena pertolongan Allah. Maka, bingkailah semua gerak ikhtiar kita dengan ketaatan, kepatuhan, dan kepasrahan padaNya.

Bukanlah dikatakan ikhtiar jika dalam prosesnya malah membuat kita lalai & tak mempedulikan aturanNya. Jadikanlah setiap usaha kita berada pada jalur keberkahan, dengan mengindahkan semaksimal mungkin 'rule of the game' yang telah Allah buat, disanalah pertolongan itu ada, solusi, dan jalan keluar.


oleh: Sonny Abi Kim