Fokuslah Pada Tujuan Hidupmu


Fokuslah Pada Tujuan Hidupmu

Setiap manusia pasti memiliki tujuan hidup masing-masing. Hanya saja, kadang kala manusia suka lupa pada tujuannya sendiri. Nah, hal seperti inilah yang menjadi salah satu faktor kegagalan dalam mencapai tujuan. Hanya orang-orang tertentu saja yang bisa fokus pada tujuan hingga mencapai kesuksesan dan kepuasan.

Jika sukses dan bahagia adalah tujuan Anda, fokus pada tujuan adalah jawabannya. Fokus memberi dampak yang sangat luar biasa, baik dalam karir, bisnis maupun kehidupan sehari-hari kita. Tetapi kenyataannya, banyak orang yang gagal mewujudkan tujuannya, bahkan ada yang sampai meninggalkan tujuannya. Disitulah pentingnya kita untuk terus fokus dan memperjuangkan tujuan.

Dibawah ini ada sebiah cerita yang mudah-mudahan dapat meng-inspirasi anda agar anda dapat fokus pada tujuan hidup anda:

Diceritakan ada seorang anak yang setiap hari rajin sholat ke masjid, lalu suatu hari ia berkata kepada ayahnya,
"Yah mulai hari ini saya tidak mau ke masjid lagi"

"Lho kenapa?" sahut sang ayah.

"Karena di masjid saya menemukan orang-orang yang kelihatannya agamis tapi sebenarnya tidak, ada yang sibuk dengan gadgetnya, sementara yang lain membicarakan keburukan orang lain".

Sang ayah pun berpikir sejenak dan berkata, "Baiklah kalau begitu, tapi ada satu syarat yang harus kamu lakukan setelah itu terserah kamu".

"Apa itu?"

"Ambillah air satu gelas penuh, lalu bawa keliling masjid, ingat jangan sampai ada air yang tumpah".

Si anak pun membawa segelas air berkeliling masjid dengan hati-hati, hingga tak ada setetes air pun yang jatuh.

Sesampai di rumah sang ayah bertanya, "Bagaimana sudah kamu bawa air itu keliling masjid?",

"Sudah".

"Apakah ada yang tumpah?"

"Tidak".

"Apakah di masjid tadi ada orang yang sibuk dengan gadgetnya?".

"Wah, saya tidak tahu karena pandangan saya hanya tertuju pada gelas ini", jawab si anak.

"Apakah di masjid tadi ada orang-orang yang membicarakan kejelekan orang lain?", tanya sang ayah lagi.

"Wah, saya tidak dengar karena saya hanya konsentrasi menjaga air dalam gelas".

Sang ayah pun tersenyum lalu berkata, "Begitulah hidup anakku, jika kamu fokus pada tujuan hidupmu, kamu tidak akan punya waktu untuk menilai kejelekan orang lain. Jangan sampai kesibukanmu menilai kualitas orang lain membuatmu lupa akan kualitas dirimu".

Banyak orang yang memiliki tujuan hidup tertentu namun selalu mendapat gangguan seperti yang ada di cerita di atas dan akhirnya menunda semua rencana itu. Faktor di dalam diri maupun dari luar dapat membuat anda menunda atau bahkan membatalkan rencana anda dalam hidup, itu semua terjadi karena anda kurang fokus tujuan hidup anda dan membiarkan segala gangguan menggagalkan rencana anda.

Jadi, jika kita mempunyai impian, rencana atau tujuan hidup, maka fokuslah dan berusahalah sekuat tenaga untuk mewujudkannya, dan jangan tergoda oleh hal-hal sepele yang dapat menghambat tujuan, supaya tujuan dan cita-cita kita dapat tercapai.